Sunday, April 3, 2011

Hemat? Mudah dan Menyenangkan kok...

“Aduh, mau banget beli baju itu sayang lagi ga punya dana lebih.”
Kata-kata itu adalah segelintir kata kekecewaan yang seringkali saya katakan ketika memiliki keinginan untuk membeli sesuatu tapi kantong sedang tak berkompromi. Ngecek tabungan, sama aja. Tipis! Dan saya yakin bukan hanya saya yang pernah mengalami hal ini. Satu-satunya cara ya MENABUNG. Kalo gak mulai dari sekarang, kapan lagi dong? Maka dari itu, dengan tekad kuat untuk memulai kebiasaan menabung tanpa kebablasan, saya juga ingin berbagi beberapa tips untuk sobat semua. Tips ini juga beberapa saya dapatkan dari berbagai sumber, beberapa adalah hasil percobaan sendiri. Meskipun saya belum lama menjalani cara-cara ini, tapi saya yakin, ini cukup ampuh untuk mencegah kantong, dompet dan tabungan kita dari kemarau panjang.
Gak perlu lagi pusing akibat uang saku "menguap" sebelum akhir bulan. Let’s try this :
  1. Buat daftar pengeluaran setiap bulan. Yang termasuk dalam hal ini adalah dana untuk beli pulsa, hang-out bareng temen-temen kita, beli buku, ngisi BBM, copy-an diktat kuliah, mengejar trend fashion ter-up-to-date, dan kebutuhan sehari-hari yaitu makan. Biar lebih mudah, manfaatkan laptop atau komputer kamu. Jumlahkan seluruh pengeluaran. Tulis jumlah pemasukan setiap bulan pemberian orangtua, hasil dari beberapa usaha kecil-kecilan kita juga bisa seperti menerima pengetikan makalah teman kampus, dll. Setelah itu kurangi dengan jumlah pengeluaran. Dapat total untuk sisanya, masukin tabungan deh. 
  2. Cek daftar dan cari pengeluaran yang bisa Anda kita minimalisir. Misalnya, kalo biasanya kita makan di luar pada saat selesai kuliah sama teman kampus, cobalah untuk segera pulang. Makan di rumah aja. Bisa dapet porsi dobel, gratis pula. Waktu istirahat juga bertambah. Selain itu, kalo kita memilih untuk jalan-jalan, bisa-bisa kepancing buat beli sesuatu yang sebenarnya hanya untuk kesenangan mata aja.  Alternatif lain selain sarapan dari rumah, kamu bisa bawa bekal. Childish? Gak juga. Asyik malah. Kamu akan terkejut melihat uang yang berhasil kamua simpan karena melakukan hal ini. 
  3. Bayar dulu semua tagihan, setelah itu sisihkan uang untuk disimpan. Dengan menyisihkan lebih dulu, pengeluaran akan lebih terkontrol dan kamu gak akan panik saat mendadak membutuh uang. 
  4. Kurangi jadwal hang-out. Kalau kamu biasa menghabiskan waktu kamu di sore atau malam hari degan jalan-jalan atau nongkrong di café-café favorit kamu, kurangi jadwalnya. Mau yang lebih asyik? Ajak aja temen kamu nonton DVD bareng pas weekend atau satnite. Cemilannya bisa kamu bikin sendiri. Bikin roti bakar atau pudding coklat sendiri juga boleh. 
  5. Beli baju di toko yang memberikan diskon atau tunggu saat sale tiba (bahkan di toko yang kamu tahu harganya bisa ditawar, hehe). Batasi pembelian baju. Kita kan gak membutuhkan baju baru setiap bulan. Yang penting bagaimana pintarnya kita untuk mix and match. 
  6. Minta pacar untuk menjadi pengawas kamu. Agar pengelolaan keuangan ini berjalan lancar, bagusnya kalo kalian berdua punya visi dan misi yang sama tentang masalah keuangan ini. Kalau belum sama, diskusikan dulu. 
  7. Bawalah uang secukupnya. Kalo mau keluar rumah, siapkan dulu kira-kira apa aja yang bakalan kamu butuhkan. Jangan membawa uang berlebihan. Bisa jadi godaan untuk berbelanja barang di luar kebutuhan akan menjadi sangat besar.
Dan maksud dari gambar di atas?
Sebagai penambah semangat untuk berhemat, saya membuat sebuah sertifikat khusus untuk diri saya sendiri supaya lebih termotivasi.Kamu juga bisa membuatnya. Print-out, laminating lalu tempelkan di dinding kamar kamu agar kamu selalu ingat akan tujuan kamu. Semoga bermanfaat dan bisa dijalankan dengan baik. Wish us better.. ^_^

2 comments:

Yuni Murharjanti said...

1. Mencermati beberapa tips diatas, mungkin ada yang bisa saya coba. Jadi selama ini saya keliru, nabungnya di warung-warung tetangga..xixiixi.
2. Tapi kalo nawar baju jangan murah-murah dong...klo kelewat murah, ntar nasib saya gimana dong?. Saya hidup dari baju n bikinnya juga susah. Mulai dari rancangan ampe jadi bisa 2 minggu perpotong.
Tapi hidup adalah pilihan, selera dan keinginan anda semua menjadi hak anda semua. Saya sich dengan untung kecil dah cukup. Cuman sekadar untuk makan sehari-hari,biaya sekolah anak,bayar model n 'tukang fotonya', dan ada modal utk fashionshow ma temen2 lain (lho? kok jadinya banyak?)

Cerita Indah said...

1. Hihihi pantesan aja Abang penjaga warung tetangga makin makmur :D
2. Kalo itu sih pinter2nya kita dagang. Ntar saya nyari sumber trus diterapkan dulu baru saya posting cara berdagang murah tapi mudah, menyenangkan dan memakmurkan pastinya, hehehe