Sunday, July 14, 2013

Pacaran Dengan Bule : Beda Kultur, Beda Semuanya!!!

Sesuai yang pernah gue tulis di wordpress gue, di postingan yang INI, gue tambah sering mikir banyak sekarang. Dulu aja kapasitas otak udah gak mengimbangi, sekarang apalagi. Uuuh...
Kali ini topik terbaru yang masuk ke pikiran. Meracuni otak banget. Gue gak akan bisa mikir jelas karena perbedaan pola pikir. Semakin gue pikir, kok semakin gak ketemu ya pemecahannya. Gue jadi merasa sedikit terjebak di kehidupan yang bukan gue banget. Tapi di satu sisi, kehidupan seperti ini adalah yang baik. Elo bisa menentukan tujuan hidup lo daripada ke negara barat sana yang cara berpikir masa depan mungkin tak lagi sama dengan kita.

Gue bisa dibilang saat ini sedang menikmati jaman-jaman keemasan karena baru masuk bulan kedua pacaran sama pria bule. Senang? Iya pasti senang karena akhirnya melepas masa jomblo lagi. Tapi kadang-kadang sedikit kesal. Kenapa?
Gue jelaskan sedikit.
  1. Gue sebenarnya gak begitu excited juga untuk dekat sama bule. Maksudnya, gue menerima siapa aja. Indonesia juga gak masalah. Hanya saja sebagai orang Indonesia, bukankah orang akan melihat iri ke elo kalo liat gandengan elo adalah pria tinggi, hidung mancung, rambut pirang dan mata biru/hijau/abu-abu? Dan itu tidak menyenangkan!
  2. Bukankah kehidupan bule dianggap maju dan melimpah? Yang mana akhirnya orang akan berpikir, "Waaah, elo bisa jadi orang kaya banget. Coba deh hitung nilai tukar duitnya. Dia bawa duit sedikit aja dari negaranya, elo bisa jadi orang kaya." Belum lagi pemikiran bahwa, "Hidup lo bakal makin modern nih, mereka kan gak kuno kayak kita. Pikiran mereka maju banget." Dan yang paling sering terdengar adalah, "Asyik ya bisa pacaran sama bule. Nanti kalau menikah, pasti elo dibawa ke negara dia. Tinggal di luar negeri dong." Silakan elo pikir sendiri deh. Emangnya bule semuanya eksklusif?
  3. Seks bebas. Orang akan bilang, "Pasti kalo pacaran sama bule, udah gitu-gituan dong. Paling gak ciuman maha dahsyat." Oke, yang ini emang benar. Tapi kan gak semua seperti itu. Gak setiap hari juga kan kalian akan mengangkang lalu having sex. Dan gak semua orang (cewek) yang pacaran sama bule itu akhirnya jadi cewek yang gak baik. Bukannya mau bilang hidup gue masih baik. Bukan! Gue cuma mau bilang, sampai saat ini, gue masih bisa hidup dengan kultur ketimuran. Gak melulu soal sentuh menyentuh, raba meraba dan sebagainya. Gue bukan cewek gampangan kok yang begitu pacaran dengan bule langsung dianggap murah. Bahkan Mama gue sendiri pernah bilang, "Kamu kenapa pacarannya sama bule? Mereka tuh maunya cuma seks dari kamu." WHAAATT????!!!
Terlepas dari poin-poin di atas, sedikit pertimbangan dalam diri gue ketika gue berpacaran dengan si bule ini. "Akankah gue menikah suatu saat nanti dengan dia?"
Lalu gue juga iseng untuk ke satu situs kenalan sama pria bule dan menemukan 1 orang yang ternyata juga menimbulkan pertanyaan yang sama. Si pria yang jadi kenalan baru ini cerita ke gue bahwa di negara dia, mereka udah berpikir bahwa pernikahan udah gak penting lagi. Mereka lebih memilih untuk tinggal serumah sama pasangannya (pacar) bahkan bukan tunangan. Dan dia pernah begitu. Edan gak sih?
Kalo wis tue nanti, gue cuma jadi mungge-nya bukan bini, gitu??
*gue udah bilang kan, kalo hidup gue masih ketimuran????*

25 comments:

PL Lirik said...

:3

Kenalin aku dong bule! Pengen juga bisa kaya situ, pacaran ame bule :malus

Cerita Indah said...

Kalo boleh aku saran sih, cari sendiri aja soalnya kalo aku yang nyariin kan belum tentu cocok. Lagipula aku gak punya stok bule. Serius! Beneran gak punya stok.
:)
Semangat yaaaa, semoga nanti bisa dapet bule yang baik buatmu...

Unknown said...

aku juga pacaran nih sama bule dia orang inggris, katanya nanti kalo kita nikah aku akan kesana tinggal sama dia, atau pun dia yang akan tinggal disini
tapi gue masih binggung masalahnya kita inikan beda budaya dan ras
tapi dia seorang muslim
gue bingung min, tolong dong sarannya

Anonymous said...

Bule.. caucasian atau apalah itu namanya. Sebenrnya sama saja pacaran sm bule lokal (domestik) atau bule asli. Sedikit share. Suamiku bule usa beda agama. Sy muslim tulen die nya agnostic. Id card nya catholic. Susah banget mau ke jenjang pernikahan.. awalnya dulu seneng banget punya cowok bule .. keren kan 30 jam terbang ke negara kita buat ketemu sm kita. Yang namanya pacaran pasti banyak senengnya. Habis itu mulai namanya masalah satu demi satu muncul. Masalah terbesar krn die kerja di Us Navy jadi harus ijin ke kesatuannya untuk resmi pacaran. Nah loh pacaran aja pake ijin segala.masalah dateng lagi saya kan muslim tulen berjilbab fiuh anggepan mereka saya ini spy .. soalnya kebetulan suami di bagian it. Tadaaaa . Okey masalah selesai. Mau nikah susahnya gila gila an. Yg buat susah itu birokrasinya indonesia. Rempong amat. Capek bgt ngyrusnya. Peras kanan kiri.. setelah selesai masalah berlanjut ke pernikahan sipil di colirado. Saya bingung bgt harus pake baju apa dan gimana. Sebenarnya cerita saya gak ada main topicnya . Cuma mau pesen aja pacaran atau nikah sm bule itu harus kuat lahir batin . Coba bayangin betapa enaknya ngomel pake bahasa indonesia kl kita lg marah. Nah kalo sama bule mau kita ngomel sampe mampus juga dienya gak bakal ngerti. Itu satu. Yang kedua kl rumah bule nya di australia sih masih deket. Coba kl di cali ato tx butuh jual sepeda untuk biaya mudik.. yahh. Bule gak se wow yg dibayangkan. Tp wajar kl ecxited banget sama bule.

Unknown said...

Jangan terlalu berlebihan membayangkan kehidupan dgn bule yg serba wah. Saya udah 4 tahun pacaran sama bule (sejak sekolah) dan udah nikah setahun lalu (abis lulus SMA lngsung nikah) .Saya menikah karena saya tahu konsekuensi yg akan saya alami. Yang penting tulus mencintai bukan karena mikir ny bule tajir dll. Bule sama aja kok spt kita. Ada yg kaya, ada yg miskin. Tapi standar bule itu tinggi (tergantung org ny juga sih) kalian harus siap membersihkan rumah sebersih mungkin karena standard kebersihan mereka tinggi. Contoh ny kamar mandi harus dibersihkan 3X seminggu, kompor harus dibersihkan setelah memasak, sprei harus diganti. Ini semua dikerjakan sendiri karena biaya tenaga kerja mahal. Dlm membersihkan juga harus hati, apalagi barang itu mahal harus dijaga bener. Pokok ny gak ada waktu buat leyeh2 manja. Kalau standard mu tidak sesuai standard mereka, siap2 aja kena complain. Rasa ny kyk di complain atasan. Jgn terlalu ngebet buat pacaran sama bule karena jodoh di tangan Tuhan juga. Ada cewe yg ngebet pacaran sama bule, dia sms suamiku teruss.. dia sudah 40 ++ tapi belum nikah karena pingin nikah sama bule. Tapi semua ny tergantung pribadi masing2 sih.. aku baru bikin blog nih succchhh33.blogspot.com

Unknown said...

Hai Salam kenal ya,
Disini aku juga mau share aja. Sama2 udah nikah setaun sama bule ku��. Memang seharusnya pola pikir sempit seperti itu udah diilangin ya karena jaman udah tambah maju. Seharusnya orang2 udah lebih berpikiran rasional and realistic aja, ga semua bule expatriate yg punya duit banyak, kalau untuk standard taraf hidup mereka lebih baik dari kita tapi bukan berarti rich man. Hidup sama bule itu ga gampang loh karena basic nya aja udah beda negara budaya dll Jadilah kita harus pintar2 menyesuaikan diri. Dan jangan cuma mikir"enak ntr udah nikah diajak ke negara si doi" hidup di LN juga ga gampang loh disana taraf dan biaya hidup tinggi dan ga jarang juga istri harus bekerja untuk bantu2 suami nya.

Unknown said...

Bner jg komen2 d atas. Sy br pcaran 3bln sm bule australia,udh tinggal 1rmh di australia lbh dr 20hr,ya khidupan dsni beda bgt,antara males sm smgt srg dtg gantian. Kita ga bs leyeh2 ky d indo,dsni mau ga mau ya hrs masak nyuci ngepel pkknya bersih2. Jenuh?iya,tp urusan cinta,hiks bkin betah. Nah kl lg berantem,bingungnya tu kl mau ngomel,susah ngmgnya. Secara inggrisku gak perfect.jd,punya pcar bule tu ga smudah n seenak yg d bygkan lho.utk lanjut ke pernikahanpun mreka sulit..hrs sabar.so,bgi tmn2 yg mau sharing bareng2 sm q,tlg email q yaa ayuriyanti223@gmail.com
Q btuh tmn sharing yg sm2 pcaran/nikah sm bule,thx b4

Anonymous said...

hii indah ..
aku juga mau sharing nih ..
aku lagi jalanin hubungan dengan bule asal denmark ..
dia duda anak 1 ..
aku juga bingung kenapa aku bisa jatuh cinta sm dia ..
mungkin karena sebelumnya aku pacaran dengan seorang tentara kopasus yang dingin banget sikapnya terus kenal sm bule yang luar biasa romantis baik de el el yang bikin klepek2 ..
kami skrg LDR karena dia harus kembali ke negaranya untuk bekerja dan kami akan pergi berlibur di bulan mei ..
tapi jujur aku takut banget untuk pergi liburan bareng sm dia ..
secara kami hanya berdua disana ..
apa yang akan terjadi ..
apakah kami bakal having sex aaaaakkkk ..
aku mau tanya , bisa ga sih jalanin hubungan sm bule tanpa ML ..
ya seperti layaknya pacaran sm orang indonesia umumnya sekedar berlibur ciuman dan pelukan ga pke making love ..
please share .. thank you ..

Anonymous said...

Hai. Sharing juga nih. Aku skrg jg lg pacaran sm WNA, tepatnya WN India. Kita pacaran masuk bulan keempat, dan LDR indo-Qatar. Minggu lalu dia dateng nyamperin aku, tp cuman sehari aja. Dan well, i stayed a night with him and did sex. Pertanyaannya, apakah klo pacaran sama bule (aku anggap warga negara manapun selain indonesia ya)ga bisa ya klo ga pake ML? Itu semua tergantung kamu gmn pny kesepakatan sama si bule. Kalo emang kamu ga bersedia, ya sampaikan. Trus kalo ditinggalin sm dia gmn? Ya balik ke kamu lg. Kalo kamu mau bule yg emg bener2 cinta kamu bukan krn sex, then u deserve to be with the right guy, dan mungkin itu bukan dia. Kalo si bule emang beneran cinta sm kamu, dia bakal menghargai batasan2 yg kamu bikin. Bule biasanya ngga akan maksa kalo emang si cewenya ga mau. Kalo boleh saran ya,, sbelum memutuskan utk pacaran sm bule apalagi LDR, pastikan dulu tujuan hubungan kalian nantinya akan dibawa kemana. Klo cuma buat have fun dan status berpacar bule aja, aku saranin ga usah. Karna effort nya luaarr biasaaahh hehe
Btw aku sama pacar ada rencana utk nikah akhir tahun ini.. Alhamdulillah keluarga kami jg udh merestui, mohon doanya yaa biar semuanya lancar dan sesuai harapan. Buat bule fighter di luar sana, semangattt ����

Anonymous said...

Hello, aku juga punya pacar bule dari amrik katanya dia tentara kita udah 3tahun pertama kali kita chat sih biasa aja asyik banget, eh ga lama dia minta foto "naked"tapi entah kenapa aku percaya banget sama dia tapi aku juga ragu, please yang sudah berpengalaman mohon sarannya kak

Anonymous said...

Halo. Aku lagi tinggal di Itali dan pacarku orang Itali, udah jalan setahunan. Dia baik banget, super sabar dan pengertian, obrolan juga nyambung. Aku juga udah kenal keluarganya, mamanya baik banget sama aku. Yang jadi masalah adalah orang tuaku. Aku belum ngasih tau mereka kalau aku di sini punya pacar dan orang Itali pula yang notabene beda agama. Kalau lancar sih aku sama dia pingin lanjut ke jenjang pernikahan buat ke depannya. Aku cuma lagi nyiapin kekuatan aja buat tegar ngadepin orang tua dan keluarga besarku. Aku pernah deket dan pacaran sama orang Indonesia sebelumnya dan nggak ada yang ngalahin kesabaran dan pengertiannya pacarku yang orang Itali ini. Ini yang bikin aku mantep sama dia. Mohon doanya ya. Kalo ada saran gimana cara breaking this news to my parents, boleh banget loh.

Anonymous said...

Buat yang photo naked: udah pernah video cam belom? mending video cam dulu kalo belom, buat tau chemistrynya sama feeling dia beneran baik/responsible apa nggak. Kalo udah dan emang kayaknya dia baik dan bisa dipercaya, mending kasih foto yang ga ada muka kitanya dan surrounding yang netral (nggak ada background yang ngasi liat identitas kita). Lebih aman. Soalnya jaman sekarang who knows di mana dan ke mana foto kita bisa nyebar. Buat jaga2 aja.

Anonymous said...

Hai.
Aku mau sharing sedikit nih
Aku saat ini sedang jalan dengan bule juga. Kita kenal via tinder kemudian kami bertemu di jakarta dan dia duda. Dia mau kembali ke negaranya dan janji akan kembali lagi. Dia sangat menghargai aku dan batasan batasan yang aku berikan . aku berharap dia memang serius dan akan kembali ke sini untuk aku . harus bisa Ldr dan ya menyemangati diri. Resiko punya pasangan foreigner begini. Haha. Semangat untuk kita semua

Unknown said...

Aku jg pacaran virtual mode on sm bule duda anak 2,kata dy cerai sm istrinya stlah nikah 7thn krna cuma one night d clubing trus hamil trus d nikahin.nah aq blg km serius ga? Klo cm cari yg main2 bkan aku,dy blg iya.lagian dy jg baik sih,hobby sama nyambung jg wlo inggris aku ga perfect.rencana mau dtg sni januari thn dpan.tp aq prnh blg sm dy bisa ga bahas sexy ato bhas fto naked tiap hari klo telpon? Dy blg knpa aq kasar banget? Ngmong seolah d pkiran dia cm mkir sex aja, krna dy btuh aku sbg patner bgtu.dia cwok,ngalamin ereksi dan kebutuhan biologi lbih dr cwek,dy blg aku ga ngerasa sih jd cwek.trus aq blg lah aku takut soalny aq ga prnh ngrim fto seksi aku k org.trus dy blg iya ngerti,cuma dy pngen fto seksi aq aja dy bosen byangin aku wkwk.intinya klo sm bule biasany mnta sex,mreka lbih seks bebas dan bagi mreka itu carany tau psanganny cocok ato ga d ranjang,tp kita lebih hidden,sdgkan mreka udh tau cultureny bgtu jd hrus siap hehe

Unknown said...

Aku jg pacaran virtual mode on sm bule duda anak 2,kata dy cerai sm istrinya stlah nikah 7thn krna cuma one night d clubing trus hamil trus d nikahin.nah aq blg km serius ga? Klo cm cari yg main2 bkan aku,dy blg iya.lagian dy jg baik sih,hobby sama nyambung jg wlo inggris aku ga perfect.rencana mau dtg sni januari thn dpan.tp aq prnh blg sm dy bisa ga bahas sexy ato bhas fto naked tiap hari klo telpon? Dy blg knpa aq kasar banget? Ngmong seolah d pkiran dia cm mkir sex aja, krna dy btuh aku sbg patner bgtu.dia cwok,ngalamin ereksi dan kebutuhan biologi lbih dr cwek,dy blg aku ga ngerasa sih jd cwek.trus aq blg lah aku takut soalny aq ga prnh ngrim fto seksi aku k org.trus dy blg iya ngerti,cuma dy pngen fto seksi aq aja dy bosen byangin aku wkwk.intinya klo sm bule biasany mnta sex,mreka lbih seks bebas dan bagi mreka itu carany tau psanganny cocok ato ga d ranjang,tp kita lebih hidden,sdgkan mreka udh tau cultureny bgtu jd hrus siap hehe

Exploring New Life said...

Gak semua bule hanya memikirkan sex, aku juga pacaran sama bule WN America mixed Israel and Polland, dia gk pernah sedikit pun memintaku buat ngirim foto naked atau making sex klo ktmu... Karena kita udh sepakat sebelumnya dan dia mengerti budaya timur yg aku miliki. Semua tergantung kesepakatan bersama aja, klo memang dia mencintaimu dgn tulus dan tujuannya membuatmu bahagia pasti dia bakal ngerti dan semua masalah maupun perbedaan pasti ada jalan tengahnya... Semangat buat pejuang LDR dan semoga semua kisah kita berakhir bahagia ;)

Emma said...

Pengen berbagi cerita juga :-) Aku udah ketemuan langsung sama bule Rusia yg aku kenal via facebook. Kami berteman sejak 23 Januari 2017, dan tgl 8 Juni 2017 dia memutuskan untuk mengunjungi Indonesia. Dia nginap d rumah kami selama seminggu dan kemarin (16 Juni 2017) dia pulang. Tapi kenapa ya selama di Indonesia, sikapnya ke aku dingin banget. Dingin banget!! :( Hanya saja dia bisa bersikap hangat pada orangtua dan adik laki2ku. Jadi bingung..😢😢😢😢

Unknown said...

Semoga lancar ya rencana kedepannya
Aku jg lg dekat sm bule dr india tp kami beda agama
Kamu dan bule mu itu seagama atau gmna?

Unknown said...

Aku juga lagi deket nih ama cowok Rusia. Tapi sayangnya umurnya dia masih di bawah aku. Walaupun katanya dia serius. Tapi banyak hal yg harus di siapin ama pikirin dari sekarang. Kalo boleh, mungkin kita bisa sharing 😃 id line ku @ns.nadhilah

Unknown said...

Wah...makasih udh share ke kita.coz ni aku lg jalin hubungan ma bule...smg bisa langgeng..

Anonymous said...

Aku mau tanya, belakangan ini aku lg lumayan deket sama bule dari UK, terus sikapnya gitu kadang sweet se sweet2nya, bahkan bilanglah kalo dia suka dan percaya sm aku, tp kadang diatuh tiba2 ilang di chat ga bales lagi, mau tanya emg bule gitu ya kalo komunikasi ga intens kaya org Indonesia? Aku jadi bingung sendiri huhu

Anonymous said...

Aku juga baru pacaran sama bule dri Bosnia n Herzegovina,ya taulah resiko kalo LDR tu ada aj slah phamnya,gmna sih carana biar kita tu tetep saling percaya dan ngga sering2 slah pham..

Anonymous said...

Boleh minta kontaknya ga? Aku juga lagi pacaran ama doi yg British dan mengalami hal yang sama. Dia marah kalo aku ga percaya sama dia. Bisa kontak aku di line add aja aimay9official thanks

Unknown said...

Saya juga pacaran sudah hampir setahun dengan bule US. Rencana menikah setelah bulan puasa tepatx juni 2018 nanti ini.
Saya sih percaya dengan dia.. mungkin karena sdh bnyak yg kamu lalui mulai senang sampai sedih. Tp ya rasa was was tetap ada. About sex, with him i dont have a problem at all, dan soal ini sebenarx harus hati" karna seperti cwok indo . Cwok bule juga ada yg suka gombal

Rere said...

Dulu saya tidak berpikiran sama sekali untuk jatuh hati dengan warga negara asing. Setiap kali lihat bule di mall dan bertatapan mata, pasti saya buang muka. Bukan type saya soalnya. Hahaha Siapa sangka kalau sekarang saya sedang bersiap-siap pergi ke Eropa yang notabene gak murah, hanya untuk bertemu dengan camer dan calon pasangan hidup saya di Denmark? Seperti yang Ibu saya selalu bilang, hati-hati kalau membatin. Seringkali ketuah sendiri! XD