Saturday, April 23, 2011

IMPLISIT dan EKSPLISIT. Maksudnya? Contohnya? Untuk Apa?

“Analisis Makna Implisit Pada Novel A Thousand Splendid Suns Karya Khaled Hosseini dan Terjemahannya”

Analisis makna implisit pada ….., implisit? Apaan tuh?
Bingung? Sama, saya juga bingung..
Setelah browsing sana-sini, singkatnya pengertian dari implisit (sekalian eksplisit deh, sobatnya gak bisa dipisahin) itu adalah:
Implisit : maknanya tersirat alias nggak bisa langsung diketahui apa makna katanya makanya harus kita pahami lagi.
Eksplisit : maknanya tersurat atau sudah jelas dan bisa langsung diketahui dari kata-kata yang tertulis.
Contohnya :
Implisit :
-  Orang itu masuk ke rumah sakit setelah diitik-itik celurit
-  Mak lampir bekerja banting tulang untuk sesuap nas
Eksplisit :
-  Orang itu masuk ke rumah sakit setelah ditusuk celurit
-  Mak lampir bekerja keras untuk mendapat uang
(Source : klik di SINI !!)

Sebenarnya saya gak punya maksud apa-apa ketika memposting tulisan ini. Saya juga bukan mau mengubah blog saya menjadi semacam blog “pendidikan”. Tulisan ini anggap saja sebagai pengingat saya ketika saya lupa akan maksud dari kata di atas.
Dan, kata tersebut dia atas saya dapatkan dari  sebuah contoh judul skripsi yang akan saya jadikan panduan. Heran kenapa saya bilang (re:ketik) Skripsi? Padahalkan saya masih semester 4 ya?
Nah, ini dikarenakan saya yang sekarang masih duduk dibangku kuliah semester 4 ini dikaruniai sebuah anugerah dari Allah yaitu mendapat IP selalu di atas 3 (bukannya sombong lho) sehingga setiap semesternya selalu bisa mengambil SKS sebanyak 24 SKS. Kali ini SKS saya kelebihan dan tak sesuai dengan jumlah mata kuliah wajib di semester 4 ini. Jadilah saya memprogramkan mata kuliah semester 6 yaitu Penelitian Pendidikan. Mata kuliahnya lumayan menyenangkan. Dan yang paling penting bikin BANGGA *senyum pipsoden dong*.  Gimana enggak bangga coba, saya duduk sederetan dengan senior-senior setingkat lebih tinggi dari saya. Kami setara! Hihihi…
Ternyata kesenangan ini dengan segera berubah menjadi icon sadness. Diminggu keempat, tugasnya gak tanggung-tanggung lagi. Buatlah “semacam” SKRIPSI!
Luntang-lantung kesana kemari mencari info. Untunglah di mata kuliah Writing II saya sedikit mendapat pencerahan. Dan sekarang sedang berusaha mengerjakannya. Dengan judul “Analisis Makna Implisit Pada Novel A Thousand Splendid Suns Karya Khaled Hosseini dan Terjemahannya”.
Akhirnya, saya hanya bisa memohon doa dari kalian semua semoga saya bisa menyelesaikannya dengan segera…
Wish me luck!


3 comments:

Rahmat Jie asli Makassar said...

hi winda perkenalkan nama aku rahmat, kebetulam aku lihat judul skripsi kamu mirip dngn skripsi aku mengenai implicit juga pada novel ishmael by daniel quinn tpi aku masih butuh referensi lebih banyak lagi. bisa g kita share about ur skripsi?

Cerita Indah said...

Halo, Rahmat.
Wah sayang sekali, skripsi dengan judul tersebut gak jadi aku pake jadi gak diterusin soalnya aku kan pendidikan bahasa Inggris bukan Sastra jadi judulnya pun ditangguhkan :)

Unknown said...

chy indah, senyum pepsodent>>
nama aku hendri, ku bekerja di salah satu media nasional di jakarta, aq bertugas di salah kabupaten di provinsi aceh, yaitu aceh timur, tapi aku juga anak aceh kok, jadi gk perlu khawatir walau negeri tempat sy tinggal adalah negeri bekas dauruat militer tapi sekarang semu sistem kehidupan terus di perbaharui sesuai dengan prinsip perinsip demokrasinya, sedikit ku memahami tentang dirimu melalui bacaan di glogger mu, tadi nya sih ku lagi cari bahan ntuk sebuah tulisan berita yg akan eku kirim ke redaksi untuk di muat, hal ituberkaitan pemecatan 9 guru guru hono di sebuah sekolah SMP, saat itu juga berkaitan dgn hal yg terjadi menimpa salah satu guru ingin mencari keadilan atas kebijakan guru yg telah memecat mereka,setelah dy menceritakan kronologis kejadian, lalu sy bersama teman atas nama media langsung mengkonfirmasi kepala sekolh yg terkait, saat sy menanyakan kenapa bapak memecat 9 guru honor yg sudah 5 tahun mjd tenaga pebantu mengajar disii, dia menjawab " sy tidak memecat hanya mereka saja yg tidak mau bertahan smen tara belum ada jam kosong setelah semua guru pegawai mencukupkan jam mengajar mereka 24 jam dalam seminggu, oleh karena pengunduran diri mereka sebagai guru di sekolah ini adalah ketegasan yg di atur dalam UU Pasal 35 ayat (2) Undang-undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa beban kerja guru sekurang-kurangnya 24 jam tatap muka dan sebanyak¬banyaknya 40 jam tatap muka dalam 1 (satu) minggu.ketika saat itu sy buka UU yg mengatur hal tersebut maka cari di google, dan menemukan kata2 eksplisit, mjd tambah bingung lalu sy cari lg pengertian eksplisi lalu sy menemukan blog kamu yg membahas pengertian tsb trm ksh indah