Thursday, January 6, 2011

Wisata ke Poso, Yuuuk !

Mungkin banyak di antara kalian yang belum tau dimana Poso itu terletak, iya kan? Nah Poso itu adalah salah satu Kabupaten yang ada di Sulawesi Tengah. Kab. Poso ini adalah kabupaten tertua yang ada di provinsi Sulawesi Tengah.
Well, mungkin bagi sudah pernah mendengar, akan mengidentikkan Poso dengan ancaman terror bom, kekacauan dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan kerusuhan yang pernah terjadi pada awal tahun 2000 lalu. Weits, lupakan yang sudah berlalu. Saatnya menatap masa depan yang lebih cerah. Poso pun seperti itu. Mencoba bangkit kembali dari keterpurukan yang dulu pernah terjadi. Pembangunan yang mulai dilakukan dan pengenalan objek-objek wisata. Yakinlah, dibalik itu semua, tersimpan banyak keindahan alam yang bisa membuat kalian semua akan berucap “Subhanallah, indahnya…”
Nah, siapa tahu di dalam diri pembaca sekalian sudah tersirat niat untuk mengunjungi kota tercinta kami ini, silakan saja. Anda tak akan merasa rugi kok. Ya..ya..ya, anda bingung mau kemana saja jika sudah sampai di kota yang terkenal dengan semboyannya ‘Poso Kota CITRA (Cantik, Indah, Tertib, Ramah, Aman) ini dan bertanya-tanya apa saja sih objek wisata yang kota kami sediakan untuk menyambut anda? Happy Reading ^-^

Danau Poso 

Kabupaten Poso memiliki beragam lokasi yang unik dan istimewa untuk  dikunjungi. Terletak di jantung Pulau Sulawesi, atau bahkan dari  wilayah Indonesia. Danau Poso terletak di Kota Tentena pada posisi strategis lintasan  perjalanan Trans Sulawesi antara Toraja, Poso, Gorontalo dan Manado  membuat Danao Poso selalu disinggahi wisatawan. Danau Poso adalah  yang ketiga terbesar yang ada di Indonesia. Membentang dari utara ke  selatan sepanjang 32 Km dan lebar 16 Km, dengan kedalaman sampai  dengan 510 Meter, dan terletak pada ketinggian 657 meter di atas permukaan laut. Air di Danau Poso sangat jernih dengan hamparan  pasir putih, terutama pada bulan Oktober sampai dengan April.  Hidangan masakan belut besar dan ikan mujair sering menjadi menu  sajian di restoran sekitar danau. Air Danau Poso sangat jernih dan tidak keruh meskipun terjadi banjir  pada sungai-sungai yang bermuara di danau ini.

Goa Pamona 

Tempat menyimpan mayat bagi Suku Pamona yang sudah berumur ratusan  tahun. Goa ini terletak tepat di pinggiran Danau Poso. Yang menjadi  keunikan dari Goa Pamona adalah di dalam goa ini terdapat jalan yang menuju ke dasar danau Poso. Jika memiliki nyali lebih untuk masuk hingga ke dasar, kita akan berada di bawah dari danau Poso dan air danau tidak dapat  masuk kedalam goa.  Terletak 63 KM dari Kota Poso dan dapat dijangkau dengan kendaraan  roda empat. Fasilitas yang tersedia berupa hotel dan rumah makan..

Air Terjun Saluopa (biasa disebut Wera) 
Keunikan Air Terjun Saluopa ini terdiri dari 12 tingkat, air yang  mengalir sangat jernih dan sejuk dimana setiap pengunjung dapat naik  sampai ketingkat teratas karena tidak berlumut dibawah derasnya air. Disekitar air terjun ini terdapat hutan tropis sehingga menambah  keindahan panorama alamnya. Jarak air terjun Saluopa 12 Km sebelah  barat dari Tentena, ibukota Kecamatan Pamona Utara dan dapat  ditempuh dengan menggunakan kendaraan darat dan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 500 meter.

Air Terjun Sulewana 

Sumber Air terjun Sulewana berasal dari dari Danau Poso. Jaraknya  sekitar 12 Km dari Kota Tentena dan dapat ditempuh dengan kendaraan  roda empat / dua. Air terjun Sulewana terkenal karena alirannya sangat deras. Derasnya  aliran air dapat di dengar dari jarak 500 meter. Sebuah penelitian  mengeluarkan rekomendasi bahwa air terjun Sulewana dapat dijadikan  sumber pembangkit tenaga listrik. Daya listrik yang dihasilkan dapat  mencapai 800 megawatt dan dapat melayani kebutuhan energi listrik  seluruh Pulau Sulawesi.

Taman Anggrek Bancea 

Luas taman ini 5.000 Ha, dapat ditemukan berbagai jenis anggrek alam khususnya anggrek Hitam (black orchid) dan didalam taman ini banyak  ditumbuhi Pinus sehingga menambah keindahan panorama alamnya. Udara di taman ini juga sejuk karena merupakan kawasan dari Danau Poso.  Untuk mencapai taman ini dapat menggunakan mobil dan motor danau, letaknya 40 Km sebelah selatan dari Kota Tentena. Fasilitas yang tersedia adalah Shelter (rest area).

Goa Tangkaboba  
Goa ini digunakan sebagai tempat untuk menyimpan Jenazah raja /  bangsawan suku Pamona dan keluarganya. Pada mulut goa sampai sekarang dapat ditemui keranda / Peti mati sebagai bukti peninggalan  sejarah.  Goa Tangkaboba terletak di Kelurahan Sangele, 63 KM dari Kota Poso  dan dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat. 




KABUPATEN POSO 
Poso terletak di pusat dari Sulawesi atau bahkan Indonesia, berjarak 221 Km dari ibukota propinsi, Palu. Memiliki danau terbesar di Indonesia, yaitu Danau Poso dengan bentangan panjang 32 km dan lebar 16 km. Objek wisata menarik yang ada disini adalah Taman Anggrek, Alam Saluopa, Air Terjun Sulewana, Danau Poso, Goa Pamona,  dan banyak lagi yang lainnya. Hasil dari sektor perkebunan antara lain, Cocoa, Kelapa, Cengkeh, Kemiri dan Kopi.

Gimana, asiik kan? Baru baca aja udah bikin hati girang apalagi kalo bisa mendatanginya langsung.
So, what are you waiting for ?
Let’s visit Poso…

No comments: